Latar Belakang

Data dan informasi sangat diperlukan bagi sebuah lembaga publik dalam menentukan arah kebijakan di masa depan. Data adalah merupakan sekumpulan informasi atau juga keterangan — keterangan dari suatu hal yang diperoleh dengan melalui pengamatan atau juga pencarian ke sumber — sumber tertentu. Data yang diperoleh tersebut dapat menjadi sebuah anggapan atau fakta disebabkan karena memang belum diolah dengan lebih lanjut. Setelah diolah data tersebut dapat menjadi bentuk yang lebih 

kompleks seperti informasi atau juga bahkan solusi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Informasi akan baik jika datanya baik, informasi yang tidak baik maka tidak bisa dijadikan pedoman. Sebuah data dan informasi itu dapat diibaratkan sebagai dasar dalam perencanaan dan pengambilan keputusan/kebijakan. 

Oleh karena demikian pentingnya data yang baik untuk mendukung informasi yang ada maka sangat diperlukan adanya sebuah sistem yang dapat mengakomodasi kebutuhan dokumentasi secara terstruktur, sehingga dengan sebuah sistem yang sudah terkomputerisasi maka diharapkan dapat memudahkan perencanaan dan penyiapan bahan kebijakan instansi pemerintah. Oleh karena itu sebuah solusi sistem terkomputerisasi berbasis web atau online diharapkan dapat menjawab. Permasalahan tersebut, dengan sistem maka data dan informasi akan mudah untuk diakses, basis data dapat dikelola secara cloud computing (komputasi awan) hal tersebut untuk meminimalisir kehilangan data-data serta dapat dengan mudah untuk dilakukan pengolahan data dimanapun dan kapanpun. Kelayakan bantuan merupakan kondisi deprivasi materi dan sosial yang menyebabkan individu hidup di bawah standar kehidupan yang layak, kondisi di mana individu mengalami ketidakpuasan atau deprivasi relatif dibandingkan dengan Individu yangg lainya.

Kelurahan Tipar merupakan salah satu Kelurahan yang ada di Kota Sukabumi Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi. Sistem pelayanan datadata masyarakat kurang mampu belum sepenuhnya terkomputerisasi atau masih dalam bentuk manual sehingga memperlambat dalam proses penambahan, perubahan maupun penghapusan data, masih ditemukannya data penerima manfaat Bantuan Sosial tidak tepat sasaran serta proses pendataan penduduk lainnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu terobosan inovasi yang diharapkan mampu menangani permasalahan keterlambatan proses pendataan penduduk tersebut dan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam hal pelayanan kepada masyarakat yang berjudul “Optimalisasi Database Warga Penerima Bantuan Sosial Terpadu ( TAWADU ) Berbasis Web Di Kelurahan Tipar”.

Tujuan

Tujuan Umum : Mengaktualisasikan prinsip kepemimpinan melayani, yakni kepemimpinan yang peka dan peduli dengan isu-isu dan permasalahan pelayanan publik dan kepemimpinan yang mampu mengoptimalkan seluruh potensi 

Tujuan Khusus

1) Jangka Pendek
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, data dan informasi yang selama ini ada masih berbentuk hardcopy akan lebih tertata dan tersaji dengan baik yang meliputi : 

a. Tersedianya data base Penerima Bantuan Sosial tebaru yang 

dapat diakses dimana saja dan kapan saja oleh yang berkepentingan. 

b. Terbentuknya Tim Efektif pengelola data base Bantuan Sosial 

di RW 04 Kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi. 

c. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk penyimpanan data yang mudah diakses. 

2) Jangka Menengah Terlaksananya pendataan riil Data Base Bantuan Sosial di 7 RW berbasis Web di tingkat Kelurahan Tipar. 

3) Jangka Panjang Teroptimalnya Data Base Bantuan Sosial terbaru berbasis Web di tingkat Kelurahan Tipar dan dapat diintegrasikan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial tingkat Kecamatan dan Tingkat Kota.